(¯`·._(¯`·._ 3 n J o Y _.·´¯)_.·´¯)

Sunday, January 15, 2006
Keliling Dunia
Awalnya sih keliling dunia blogger yang empot-empotan, mood-moodan, ato apa lah istilahnya. Menemukan sesuatu hal yang menarik: http://urang-ragapulu.blogspot.com/.
Sang Pembuat Buku Mapserver pertama di Indonesia. Sebenarnya sih, ide bikin buku ini udah lama tercetus di otak temen yang lebih mendalami dunia mapserver dari 3 tahun lalu semenjak versi Mapserver (Cheetah) v3.4.2, saat awal-awal maps.google.com (beta) keluar. Tapi yah itu tadi, proyekan melulu sih dianya :P
Sekarang memang lagi rame-ramenya nih.
Ada yang menarik dari buku tersebut. PostGIS-nya gak dimasukin. Kalo menurut aku pribadi sih (jangan marah ya, Pak :D) itu karena memang keunggulan webGIS ada di database yang klo sudah mengenal dunia database maka proses dinamisasinya akan lebih menggila lagi. Mungkin beliau takut klo dipublish cepat-cepat, proyeknya akan banyak yang ngambil, wuakakaka.Sekali lagi no offense yak :D.
Sekarang saat heboh-hebohnya Virtual Globe Google,mulai kepikiran juga menggunakan Mapserver Enterprise. Gila, jek. Fitur yang ditawarkan....fuihhhh. Gabung dengan AutoDesk mereka mo bikin gebrakan yang dahsyat kayaknya.Sayangnya harus banyak yang dipelajari lagi nih. Belom sempat selesai ngoprek Oracle Spatial Data, aku udah harus belajar ngedisain 3D yang ampuuuun, aku gak bisa disain ;)
Parsing ke Google Earth-nya gimana dong?
Nah itu dia yang jadi masalah. Harus belajar KML. Tapi sebelumnya harus belajar GML dulu. Dan untuk tau GML, harus mendalami XML dulu. Ckckck...buanyak banget ya yang harus dioprek.Sialnya, TA-ku gak maju-maju. Klo udah gini semua pembelajaran pasti tertunda dan akhirnya bikin bukunya pasti keduluan orang lagi kekekeke...
Btw, klo mo bikin buku harus ngelempar proposal kemana ya?
Ada buku yang udah mo jadi tapi gak sempat-sempat dikirimnya ;(
Ada yang bisa bantu gak ya?



Kuliah sucks :D
kurang kerjaannya si Eric @ 1:05 AM | |




 
About Me
Eric
Bandung, West Java, Indonesia






See my complete profile
Previous Post
Archives
Friends
Links